Sebuah Film Guru Mengajar

Posted: Juli 9, 2013 in Uncategorized

Dia mengatakan cosinus

Yang kudengar alunan musik pengantar tidur

Dia menggambar segitiga siku-siku

Yang kulihat aku menari-nari di atas awan

Dia menulis rumus perkalian vektor

Yang kutulis sebait puisi

Dia melihatku,

Yang kulihat sebuah film sedang diputar

Film monoton di atas layar hitam putih

Dengan para pemain yang bergerak malas dalam memoriku

Dengan layar lebar yang seakan-akan ingin memuntahkan seluruh isinya.

Dengan alur cerita membosankan yang memaksaku menguap berkali-kali

Dia berbicara dalam spidol

Aku berbicara dalam lamunan

Dia berdiskusi dalam pikiran

Dia bertanya dalam soal

Aku bertanya dalam hati

Kapan film ini mencapai THE END

Puisi ini ditulis oleh seorang pelajar yang saya ambil dari buku Munif Chatib yang judulnya Orang tuanya Manusia. Buku yang menarik.. Ada empat seri buku Munif Chatib: gurunya manusia, orang tuanya manusia, sekolah anak-anak juara, dan kelasnya manusia yang suatu saat akan kubeli Insya Allah…   Sempat saya terpikirkan bagaimana cara saya mengajar saat ini? Apakah sudah pas dengan perkembangan anak? Saya mengajar sebuah ilmu eksak yang cenderung monoton dalam penggunaan strategi pembelajarannya, hanya dengan ceramah dan latihan soal.

Untuk ukuran anak SD itu sangat membosankan. Ingin saya merombak gaya mengajar saya ketika mengajar anak-anak SD tapi dasar saya orangnya malas dan tidak kreatif jadi tidak berkembang… Saya jadi terpikirkan bagaimana jika membuat buku pembelajaran matematika SD dengan metode serta media yang disesuaikan dengan multiple intellegent anak? Ide cemerlang (menurutku)😀 Hayuuk realisasikan,, tentunya harus tetap bagi waktu sama kuliah dan kerja… Tapi harus nunggu keluarnya kurikulum 2013 dulu karena mau disesuaikan juga sehingga bisa jadi pedoman guru dalam mengajar matematika😀

Tinggalkan Balasan

