Guru itu digugu dan ditiru-Jamil Azzaini

Posted: Juni 26, 2013 in Uncategorized

Guru adalah profesi yang sangat
terpuji. Selain membuat anak-anak
pintar, seorang guru akan selalu
mendapat kiriman pahala dari murid-
muridnya walau ia sudah meninggal.
Guru seharusnya profesi pilihan
bukan pelarian.
Oleh karena itulah saya sangat
menghargai saudara-saudara saya
yang memilih profesi sebagai guru.
Salah satunya adalah mas Toha yang
kini menjadi kepala sekolah SMA Dian
Didaktika, Cinere, Depok, Jawa Barat.
Lelaki berambut putih ini adalah anak
dari pakde saya. Sebagian besar anak
pakde dari jalur ibu ini adalah guru,
atau paling tidak pasangan hidupnya
guru.
Mas Toha sangat menjiwai dan
menekuni profesinya sebagai guru.
Oleh karena itu saya sangat yakin,
sentuhan tangan dinginnya akan
membuat sekolah yang dipimpinnya
menuai banyak prestasi. Guru juga
bisa bermakna
“digugu” (didengarkan) dan ditiru.
Dan sejujurnya, cara hidup saya
banyak meniru mas Toha ini.
Nah, karena guru itu digugu dan
ditiru, waspadalah. Mengapa? Sebab,
setiap perilaku guru dicontoh atau
ditiru oleh murid-muridnya. Kisah
berikut bisa dijadikan pelajaran.
Seorang guru bertanya kepada murid-
muridnya, “Sebelum makan baca apa
anak-anak?” Muridnya menjawab,
“Baca bismillah, pak guru.” Guru itu
melanjutkan pertanyaan, “Kalau
setelah makan baca apa anak-anak?”
Muridnya menjawab, “Astaghfirullah”
Sang guru terkejut, kemudian
bertanya, “Lho, kok astagfirullah?”
Muridnya menjawab, “Kemarin saat
makan di restoran, selesai makan
bapak baca astagfirullah.” Dengan
tenang guru menjawab, “Bapak
mengucapkan itu karena melihat
tagihannya mahal banget.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s