SETELAH KULIAH MAU NGAPAIN??

Posted: November 20, 2012 in Motivasi

Mahasiswa tingkat akhir biasanya mulai “grasak-grusuk” mempersiapkan syarat agar ia bisa lulus, yakni SKRIPSI. Mulai dari pengajuan judul, merancang proposal, seminar proposal, melakukan penelitian, seminar hasil, kemudian sidang skripsi. Dalam kegiatan ini membutuhkan tenaga, biaya, dan perhatian yang ekstra. Siapa yang ingin cepat lulus dan mengejar target gelombang wisuda maka ia hendaknya tidak berleha-leha dalam pengerjaannya. Dan puncak akhirnya ialah WISUDA. Betapa bahagianya seorang mahasiswa yang telah selesai mendaftar untuk mengikuti wisuda. Mereka tidak sabar menunggu hari H tersebut. Ya, wisuda adalah peristiwa sakral yang ditunggu-tunggu mahasiswa walau mereka tidak tahu setelah itu mau ngapain.

Mahasiswa yang telah wisuda merasakan dirinya seperti baru keluar dari “kungkungan” universitas. Jika benar ini yang dirasakan, maka ini mengindikasikan bahwa universitas menjadi “beban” bagi mahasiswa, bukan sebagai suatu tempat yang nyaman untuk belajar. Mungkin tugas yang seabrek banyaknya yang membuat mahasiswa jenuh, bosan, terhadap tugas-tugas yang berdatangan dari setiap mata kuliah yang harus dikumpul dalam waktu yang relative singkat dan kadang secara bersamaan. Namun, ada pula yang sedih ketika wisuda dikarenakan akan pulang kampong kembali dan berpisah dengan teman-teman kuliah, teman satu organisasi, bahkan bagi yang sudah bertahun-tahun menjadi mahasiswa kosan, mereka akan berat meninggalkan lingkungan kosnya yang sudah ditempatinya selama beberapa tahun.

Di samping itu, ada banyak modus kenapa mahasiswa senang ketika akan wisuda. Mahasiswa yang menantikan wisuda untuk mendapatkan ijazah sehingga mereka bisa dengan segera mencari pekerjaan yang telah mereka incar. Selain itu, ada juga mahasiswa yang menginginkan ijazah untuk melanjutkan kuliah kembali (ini bagi yang tidak bosan belajar), ada yang menjadikan ijazah sebagai “tiket” untuk melamar anak orang. Dan akan ada banyak lagi modus kenapa wisuda menjadi proses yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa.

Jika pilihan setelah wisuda adalah mencari pekerjaan, maka jangan pernah membayangkan akan mendapatkannya dengan mudah, Lulusan S1 itu jumlah banyak sedangkan kapasitas penerimaan kerja itu sedikit. Apalagi jika bidang yang diambilnya adalah bidang yang umum dikerumuni peminat para pencari kerja. Maka rajin-rajinlah mengunjungi jobfair dan mencari info baik dari orang lain maupun mengaksesnya di internet. Bahkan bila perlu, buatlah lapangan pekerjaan sendiri bersama teman-teman seangkatan yang sebidang. Maka seharusnya sejak menjadi mahasiswa tingkat akhir tentukanlah arah setelah lulus S1 mau ngapain. Jika kemudian pilihannya ialah melanjutkan kuliah, maka carilah info universitas terbaik, beasiswa, dan persiapkan segala persyaratannya (ini menjadi pelajaran bagi saya, sehingga kuliah S2 nya jadi pakai uang sendiri gara-gara ga nyari info beasiswa). Lalu jika alasan ingin lulus adalah melamar anak orang, maka sebaiknya cari dulu pekerjaan , tidak perlu harus mendapatkan gaji yang tinggi, asal tetap bekerja dan mau bekerja keras maka itu bisa menjadi bahan pertimbangan calon mertuamu untuk melepas anak gadisnya untuk kamu. Ingatlah, yang paling esensi itu adalah tetap bekerja bukan kerja tetap. Kalau mau jadi PNS, ya silakan. Tapi PNS yang jujur dan amanah.

Apapun modus kalian setelah diwisuda dan mendapatkan gelar dan ijazah, pergunakanlah gelar dan ijazah kalian demi kemaslahatan keluarga dan masyarakat. Memperkaya diri dan mencari pekerjaan yang memberikan gaji tinggi tidak dilarang, bahkan dianjurkan. Asal jangan lupa minimal 2,5% pendapatan kalian disedekahkan ( ini minimal, kalau bisa minimalnya 10-20%, kalau mau maksimal yaa 100%). Jika sudah sampai nasab zakat penghasilan, maka berzakatlah dari penghasilan kalian itu.

Selamat berkarir dan tentukanlah jalan hidupmu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s