PENTINGNYA PEDAGOGIK

Posted: November 20, 2012 in Artikel Pendidikan

 

            Saya sangat miris ketika mengetahui bahwa apa yang sudah saya lakukan ketika PPG selama 6 bulan dari Juli sampai Desember tidak EFEKTIF…!!!! Sangat tidak ada muatan pedagogiknya, hanya bikin SSP dan kemudian mengajarkan SSP itu ke siswa. Memang SSP itu menurut saya lengkap dengan penilaian kognitif produk, kognitif proses, afektif, dan psikomotorik. Namun, di sisi lain tidak ada pemberian materi pedagogic, bagaimana seharusnya mengajar yang mendidik, materi-materi pelajaran apa yang sesuai dengan karakteristik siswa serta lingkungan siswa, kemudian bagaimana cara membuat SSP yang baik dan bukan buatan orang lain.

Setelah saya berada di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maka mata saya “terbuka” mengenai sistem pendidikan sekarang selama saya mengajar di SD. Segala apa yang diberikan oleh dosen mengenai penanaman nilai-nilai dalam mendidik serta materi pedagogic yang kurang. Saya ingin mengutarakan bahwa seorang guru itu haruslah ikhlas dalam mengajar, bukan menjadikan “guru” itu sebagai profesi. Tanggung jawab yang tinggi dalam mendidik anak agar mempunyai akhlak yang baik, kognitifnya berkembangan sesuai dengan bakatnya, kemudian mempunyai keterampilan yang dapat membawanya dapat mengimbangi kecanggihan teknologi yang up-date.

Adanya kekerasan guru terhadap siswa di kelas sangat mengiris kepercayaan masyarakat bahwa guru yang seharusnya menjadi model yang dicontoh siswa malah menjadi “musuh” bagi siswanya sendiri.

Tinggalkan Balasan

