HIJRAH

Posted: November 20, 2012 in Motivasi

 

Hhhmmm… tema yang cocok sekali dengan 1 Muharram 1434 Hijriah. Hijrah ialah berpindanh. Hijrah dari lingkungan bauruk ke lingkungan yang bai, hijran dari perilaku buruk menjadi perilaku yang baik.

Saya sekarang merantau dan bisa saya bilang bahwa Allah “Menghijrahkan” saya dari lingkungan yang dianggapNya buruk untuk saya ke lingkungan yang baik. Bukan saya mau menilai bahwa lingkunganku dulunya buruk tetapi Allah Menghendaki saya untuk belajar, berpikir, dan berubah menjadi dewasa. Saya di tanah rantau bertemu dengan teman-teman baru di mana mereka mempunyai kepribadian yang berbeda dengan saya dan itulah yang membuat saya untuk bertoleransi dan berbaur dengan segala perbedaan-perbedaan yang kami miliki.

Saya pernah mendapatkan sebuah status dari seorang penulis buku terkenal, di mana ia menuliskan tentang kebaikan merantau. Bertemu dengan orang-orang baru dan mempelajari kebudayaan daerah baru. Saya merasa bahwa teman-teman saya dulu tidak memberikan dampak yang baik bagi kepribadian saya. Memang tidak berpengaruh terhadap intensitas ibadah saya tetapi orang-orang di sekitar saya menjadi suudzon kepada saya. Bukankah jika berteman dengan dengan tukang besi maka akan ikut terpercik apinya? Itulah yang kualami kawan.

Maka di tanah rantau, saya ingin berteman akrab dengan orang-orang yang membuat saya berubah menjadi lebih baik, pola pikir saya lebih dewasa, dan tentunya membuat saya bersemangat dalam beribadah J

Maaf ya teman-teman lama saya yang membaca tulisan ini. Kalian tetaplah teman saya yang mengajarkan saya sesuatu yang berbeda dengan kepribadianku. Ini Cuma hasil pemikiranku saya kenapa saya bisa “Didamparkan” Allah di kota ini, terpisah dari kalian.

Dan juga hijrah ini menyebabkan saya untuk tidak menjamak sholat Maghrib dan Isya lagi karena pulang kerja kemalaman. Allah itu selalu dan pastinya memang Tahu apa yang terbaik bagi hambaNya J Tenangnya beribadah tanpa diganggu oleh aktivitas-aktivitas yang bergantung pada manusia.

Tinggalkan Balasan

